AMAZING - Saat
ini Mini Market dapat kita jumpai dimana saja, tidak hanya di kota
besar, di desa - desa juga sudah bisa kita temui mini market,
Mini Market kini menjadi tempat favorit untuk mencari barang kebutuhan
sehari dengan lengkap dan fasilitas yang nyaman (Convenience Store).
Sudah banyak mini market yang berkembang di Indonesia, kini Mini Market
asal negeri Sakura (Jepang) ikut meramaikan persaingan Mini Market /
Convenience store di Indonesia. Berikut Convenience Store asal Jepang
yang ikut merambah pasar Indonesia, Check This Out!
1. 7-Eleven
|
Gerai 7-Eleven |
Perusahaan
waralaba asal Jepang ini masuk ke Indonesia dengan nama PT Modern
Internasional pada tahun 2009. Awalanya gerai 24 jam ini hanya
terdapat di Jakarta. Sekarang Gerai 7-Eleven tidak hanya di temui di Jakarta, di Ciledug Tangerang pun sudah ada gerai 7-Eleven
Saat ini, Modern Internasional telah
berhasil membuka 78 gerai 7-Eleven di seluruh Indonesia. Tahun ini,
waralaba tersebut berencana untuk membuka 60 gerai tambahan di seluruh
Jakarta.
Menurut prospektus Modern Internasional, pembangunan
7-Eleven yang terbatas hanya di Jakarta ini merupakan strategi perseroan
dalam mengembangkan gerai. Rencananya, perusahaan tersebut akan
terlebih dahulu mendominasi pasar Jakarta terlebih dahulu sebelum
mengembangkan di daerah lain.
Dengan pasar rata-rata usia 15
hingga 29 tahun, perusahaan yang mempunyai kode emiten MDRN tersebut
berhasil mendulang untung yang tidak sedikit. Untuk kuartal pertama
tahun ini saja perseroan telah berhasil meraup laba Rp 149,4 miliar.
2. Lawson
|
Gerai Lawson |
Lawson
Inc. adalah Convenience Store berasal dari jepang, yang mulai masuk
Indonesia sekitar tahun 2011. Dibawah PT. Alfaria Sumberjaya. Lawson merupakan Convenience Store
terbesar kedua di Jepang. Lawson sudah mempunyai banyak cabang di Kota -
kota besar di Indonesia.
3. Family Mart
|
Gerai FamilyMart |
FamilyMart
Co.Ltd akhirnya mengembangkan jaringannya ritelnya ke Indonesia.
Bekerja sama dengan PT. Fajar Mitra Indah yang merupakan bagian dari
Wings Group. Gerai pertama FamilyMart dibuka pada tanggal 16 Oktober
2012 di Cibubur dan gerai kedua sudah dibuka di daerah Bulungan Jakarta
Selatan pada 17 November 2012. Ritel FamilyMart kini telah ada di dekat Universitas Budi Luhur. FamilyMart adalah jaringan ritel
conveninence store yang sudah terkenal di Jepang dengan berbagai variasi
makanan yang lezat serta kualitas pelayanan yang terbaik. Sebuah
kolaborasi yang tepat antara FamilyMart dengan Wings Group yang sudah
sangat mengenal konsumen Indonesia sejak 1948. Wings Group berhasil
menjadi partner FamilyMart karena memiliki jaringan distribusi yang kuat
di tanah air. Saat ini FamilyMart sudah tersebar di beberapa negara
melalui 21.000 outletnya.
FamilyMart menyediakan lebih kurang
2700 jenis produk non-food, processed foods, confectionary dan
beverages. Yang menarik dari FamilyMart adalah area open kitchen yang
menunjukkan langsung proses masak makanan yang dijual. Dengan Tagline
“FamilyMart, Where You Are One of the Family,” FamilyMart memberikan
suasana tempat yang nyaman di setiap gerainya.
4. Ministop
|
Gerai Mini Stop |
Ministop.Co,
operator minimarket asal Jepang mengumumkan akan menggarap pasar ritel
Indonesia dengan membuka sedikitnya 300 gerai hingga Februari 2018
nanti. Gerai pertama diharapkan sudah akan beroperasi di Jakarta pada
Februari 2013 nanti.
Ini merupakan salah satu langkah perusahaan
tersebut untuk memasuki Indonesia yang dinilai mempunyai potensi
permintaan pasar yang sangat menjanjikan dengan populasi serta
pendapatannya yang terus bertumbuh. Indonesa merupakan negara ke lima di
luar Jepang yang dimasuki oleh Ministop. Ministop sendiri adalah salah
satu anak perusahaan raksasa ritel Jepang, Aeon Co.
0 komentar:
Posting Komentar